Kamis, 09 Januari 2014

Minyak Kelapa atau Mentega, Mana yang Lebih Sehat?


Menggunakan bahan-bahan yang aman dan sehat untuk makanan Anda sangatlah penting. Membuat pilihan berbeda bisa memiliki arti besar

Saat Anda ingin mengganti bahan-bahan pun harus diketahui kandungan nutrisinya. Apakah bahan itu lebih baik atau tidak.

Seperti yang sedang tren saat ini adalah mengganti penggunaan mentega dengan minyak kelapa, karena diduga lebih sehat. Bagaimana kenyataannya?

Apakah minyak kelapa lebih sehat dibandingkan mentega? Seperti yang dilansir Eating Well, berikut adalah penjelasan perbedaan nutrisi pada minyak kelapa dan mentega.

Kandungan nutrisi (per sendok makan)

Minyak kelapa : 117 kalori, 14 gram lemak total, 12 gram lemak jenuh

Mentega tawar : 102 kalori, 12 gram lemak total, 7 gram lemak jenuh


Berdasarkan angka-angka tersebut, tampaknya mentega masih layak menjadi pilihan terutama bagi mereka yang ingin menghindari makanan tinggi lemak. Jumlah kalori dan lemak pada mentega lebih rendah dari minyak kelapa.ditambah, persentase lemak dari lemak jenuhnya juga lebih rendah, yaitu 58% dengan 86%.
Hanya saja kelebihan minyak kelapa ia mengandung asam lemat lauric yang sangat ampuh membunuh bakteri patogen dan virus. Tak hanya itu kandungan rantai asam lemak minyak kelapa tipe medium sangat baik untuk menangkis diabetes dan mempercepat metabolisme sehingga cocok bagi mereka yang ingin menjaga berat badan.


Jadi meski banyak lemak, minyak kelapa memiliki nilai lebih untuk kesehatan.


xie *


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar