Kamis, 09 Januari 2014

Atasi Stres dengan Makanan Berikut


Semua orang pasti pernah mengalami stres. Terlalu banyak atau sering mengalami stres dapat memengaruhi kesehatan fisik, maka dari itu Anda perlu manajemen stres untuk mengatasinya. Banyak strategi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah apa yang Anda makan.Makanan dapat membantu menjinakkan stres dan dapat melawan dampak dari stres, dengan menopang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.Berikut ini adalah makanan yang dapat meringankan stres:

Jeruk

Sebuah penelitian menunjukkan vitamin C dalam jeruk dapat mengurangi kadar hormon stres sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian lain, orang dengan tekanan darah tinggi, tekanan darah dan kadar kortisolnya (hormon stres) kembali normal lebih cepat ketika orang tersebut mengonsumsi vitamin C sebelum mengerjakan pekerjaan yang berat.

Bayam

Bayam kaya akan magnesium Terlalu sedikit magnesium dapat memicu sakit kepala dan kelelahan, sehingga dapat berdampak pada stres. Mengonsumsi satu cangkir bayam dapat mengisi asupan magnesium Anda.

Susu

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kalsium membantu meredakan kegelisahan dan perubahan suasana hati terkait dengan PMS. Ahli gizi biasanya merekomendasikan skim atau susu rendah lemak.

Teh Hitam

Minum teh hitam dapat memulihkan Anda dari hal-hal penyebab stres lebih cepat. Sebuah penelitian membandingkan orang yang minum empat cangkir teh setiap hari selama enam minggu dengan orang yang minum minuman lain. Para peminum teh dilaporkan merasa lebih tenang dan memiliki tingkat hormon stres (kortisol) lebih rendah setelah dalam situasi stres. Ketika sedang stres, kafein dalam kopi dapat meningkatkan hormon stres dan meningkatkan tekanan darah.
Alpukat

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi cukup kalium. Dan alpukat mengandung banyak kalium. Alpukat tinggi akan kandungan lemak dan kalori, jadi perhatikan ukuran porsi Anda.

Kacang Almond

Almond kaya akan vitamin, yakni vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan vitamin B yang mungkin membuat Anda lebih tahan dari serangan stres seperti depresi.


Selamat Mencoba ;)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar