Kamis, 09 Januari 2014

Dampak Buruk Sandal Jepit untuk Kesehatan Tubuh


SANDAL jepit merupakan jenis sandal yang sangat digemari karena nyaman dan mudah dikenakan.
Dibandingkan heels dan boots, jenis sandal ini menjadi pilihan yang diukai untuk penggunaan sehari hari, ketika berpergian, berekreasi ke pantai atau sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu.
Namun, di balik rasa nyaman yang diberikan, ternyata sandal jepit menyimpan resiko kesehatan yang cukup mengejutkan.
Resiko kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh sandal jepit:

Jari Kaki

Beban yang dirasakan jari kaki ketika mengenakan sendal jepit ternyata cukup besar. Sebab, jari kaki harus menopang dan mencengkram seutas tali yang mendukung keseluruhan sendal. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, ini dapat mengakibatkan robeknya otot tendon.

Tulang

Retak-retak pada tulang kaki dapat terjadi jika keseringan menggunakan sandal jepit. Pasalnya, saat berjalan, kaki tidak mendapatkan perlindungan yang cukup untuk mencegah retaknya tulang saat bersentuhan dengan tanah.

Bakteri

Sebuah laporan dari University of Miami menemukan 18 ribu bakteri tersimpan dalam sepasang sandal jepit. Bakteri ini tumbuh pada bagian alas kaki dan sekeliling tali sendal. Ditambah lagi bakteri dari udara karena kaki tidak terlindungi dengan baik. Bakteri berbahaya termasuk Staphylococcus aureus, penyebab berbagai infeksi kulit.

Sela-sela jari kaki

Gesekkan sela jari kaki dengan tali sendal dapat menimbulkan lecet-lecet dan gelembung bernanah. Tak hanya itu, kulit juga ikut menipis dan meningkatkan resiko masuknya bakteri secara lebih cepat. Jika tidak segera diatasi dan terus menggunakan sendal jepit, ini dapat berakibat buruk terhadap kesehatan kaki.

Pergelangan kaki

Studi yang dilakukan Auburn University mengungkpakan bahwa sandal jepit dapat mengubah struktur pergelangan kaki dan akhirnya mempengaruhi cara jalan seseorang. Orang yang berjalan menggunakan sendal jepit cenderung memiliki langkah lebih kecil. Cedera dapat terjadi ketika tumit terhentak ke tanah karena tidak memiliki dukungan yang memadai. Hal ini dapat berakibat lanjut terhadap kesehatan dengkul, pinggang dan punggung.
Karena itu, sebaiknya memilih sandal jepit yang dapat menjauhkan Anda dari berbagai resiko dan gangguan kesehatan.


*


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar