Selasa, 12 Maret 2013

Sedang Menjalani Program Diet? Ini Makanannya..

Diet mungkin bisa menjadi resolusi untuk Anda menjalani hidup sehat pada tahun bershio ular mendatang. Bagi Anda tengah menjalani program diet bukan hal sulit mendapatkan bahan makanan sehat.Wajah cerah, kulit sehat dan tubuh ramping pastinya jadi dambaan tiap orang pada 2013. Sejumlah ahli kesehatan AS ternyata merekomendasikan sejumlah makanan kaya nutrisi, mudah didapat, dan berkhasiat untuk menjalankan program diet.
Apa saja?
:

Kacang-kacangan
Kacang hijau, kedelai, tunggak, dan juga jenis lainnya punya nutrisi yang hebat. Polong-polongan ini bisa dimasak dengan beragam kreasi, jadi tidak akan bosan memakannya! Kacang hijau dan teman-temannya ini juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk folat, potasium, dan zat besi.
Yoghurt
Minuman menyegarkan ini mengandung probiotik dan juga bakteri baik yang baik bagi kesehatan. Yoghurt Yunani ini mengandung kalsium yang baik bagi tulang, juga protein. Baik juga buat yang diet, karena kadar karbohidrat yang dimilikinya lebih rendah dibanding yoghurt jenis lain.

Salmon
Sebagian besar jenis ikan dan seafood merupakan menu diet pilihan sehat, tapi salmon adalah ikan yang paling bagus dengan kandungan protein serta asam amino Omega 3 tinggi. Salmon juga rendah kolesterol.
Tidak hanya lemak ikan yang menjaga jantung Anda sehat, tetapi mereka mengecilkan pinggang Anda. Omega-3 asam lemak meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu membangun otot dan penurunan lemak di perut, serta otot yang Anda miliki. Semakin banyak kalori membakar tubuh Anda.



Apel
Apel sebagai contohnya, merupakan menu diet yang bagus dari serat yang mudah dicerna untuk membantu memerangi kolesterol. Buah berair ini juga bagus sebagai sumber vitamin C.
Penelitian dari Penn State University di University Park menyebutkan, orang yang mengunyah apel sebelum makan pasta akan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan daripada mereka yang mengudap makanan ringan berbeda.
Selain mengandung serat yang tinggi, kandungan antioksidan dalam apel dapat membantu mencegah sindrom metabolik, sebuah kondisi yang ditandai dengan kelebihan lemak di perut.

Kopi
Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan RMR Anda oleh sekitar 15%, dan efeknya bisa bertahan hingga empat jam yang membakar 30-50 kalori per hari.
Orang-orang yang menyeruput tiga sampai empat cangkir kopi biasa atau tanpa kafein per hari, 30% lebih rentan terhadap diabetes tipe 2. Chlorogenic acid, ditemukan dalam kopi, dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes. 




Melakukan Program Diet Salah, Ini Akibatnya..

Berbagai macam cara diet dilakukan untuk mendapatkan tubuh langsing sehingga banyak produk maupun jasa berlomba menawarkan cara langsing secara cepat.
Metode diet penurunan berat badan yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan baik itu fisik maupun mental.
Diet juga memiliki tata cara dan batasan-batasan tertentu agar pelaku diet dapat mendapatkan berat badan ideal dengan cara yang sehat.

Nah, berikut ini beberapa gejala yang merupakan indikasi bahwa Anda telah melakukan diet yang salah.

Pusing & Bau Nafas Tak Sedap 

Sumber karbohidrat seperti roti, pasta, nasi dan kentangadalah sumber serat dan antioksidan seperti vitamin E dan selenium yang berfungsi untuk melawan penyakit.
Jika Anda menerapkandiet rendah karbohidrat yang terlalu ketat, bisa mengakibatkan penyakit ketosis, yaitu gangguan kesehatan karenaotak tidak mendapatkan pemenuhan kebutuhan glukosanya.

Nah, yang terjadi selanjutnya adalah lemak pada tubuh Anda tidak dapat terbakar secara sempurna. Semakin lama Anda akan merasakan gejala sering mual, pusing dan gangguan pencernaan yang berujung pada mengalamihalitosis (napas tak sedap).

Lesu & Tak Bergairah 

Walau banyak orang mengaku badannya terasa lebih sehat karena menjadi vegetarian, tapi ternyata pola makanini dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi, vitamin B12 dan omega 3.
Tak hanya itu, menjadi vegetarian bisa menyebabkan seseorang kekurangan beberapa unsur gizi yang tidak bisa digantikan oleh makanan lain. Misalnya lemak esensial atau protein hewani.

Selanjutnya akan timbul keluhan seperti mudah capek, selalu lesu dan tak bergairah, bahkan sering mengalami nyeri sendi.

Sering Buang Air Kecil & Air Besar 

Produk teh, jamu pelangsing dan ramuan alami lainnya kerap mengklaim berkandungan bahan alami/herbal yang aman untuk dikonsumsi.
Padahal sebenarnya, efektifitas maupun efek sampingnya belum pernah diteliti. Sifatnya yang diuretik, cenderung menyebabkanAnda jadi sering berkemih. Dengan begitu, kononlemak dalam tubuhpun ikut terbuang dan berat badanturun.

Sebenarnya saat sering berkemih, beberapa zat mineral penting ikut terbuang. Tak hanya itu, bahaya bagi kesehatan jantung pun patut diperhitungkan.

Sedangkan produk berupa pil pelangsing seringkali memicu buang air besar, sehingga lagi-lagi penurunan berat badan yang terjadi adalah semu. Artinya, pil pelangsing hanya bisa menguras isi perut dan bukan melangsingkan!

Gangguan Kesehatan Mental

Diet yang salah menyebabkan gangguan depresi pada kebanyakan pelakunya. Hal ini disebabkan karena karena rasa frustasi dan putus asa yang berlebihan akibat usaha kerasnya yang tak kunjung membuahkan hasil.

Depresi juga disertai dengan kelesuan, kelelahan, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, kurangnya konsentrasi dan kurang percaya diri.

Jantung Melemah 
Kesalahan dalam metode diet tersebut dapat mengganggu metabolisme tubuh, meningkatkan kadar kolesterol berbahaya dalam darah, kemudian meningkatkan risiko penyakit arteri dan gangguan jantung.

Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh melemah, menyebabkan jantung berdebar dan stres jantung.




Inilah Makanan Bikin Perempuan Makin Seksi

Seksi sudah menjadi predikat yang ingin disandang oleh setiap wanita. Karenanya, beragam cara rela ditempuh untuk mendapatkan tubuh indah dan seksi bak 'gitar spanyol'.
Selain olahraga teratur dan bergaya hidup sehat, pemilihan makanan juga diklaim bisa mempengaruhi bentuk tubuh wanita menjadi makin indah.

Nah, dilansir dari Cosmopilitan, berikut beberapa makanan yang bisa membuat tubuh wanita makin terlihat seksi.

Tiram

Jenis kerang ini sebelumnya lebih kondang dengan khasiat zinc untuk meningkatkan gairah seks. Padahal kerang juga memberi manfaat untuk kecantikan kulit wajah.
Mereka yang rentan pada jerawat, sangat disarankan mengkonsumsi tiram. Kerang ini dapat mengontrol peoduksi minyak berlebih pada kulit.

Paprika Merah 

Paprika merah Jika menginginkan kulit super, mulai sekarang Anda harus mulai menggilai buah antioksidan ini.
Menurut American Journal of Nutrition Clinicial, penelitian menyatakan bahwa seseorang yang banyak mengkonsumsi sumber antioksidan dan vitamin C memiliki kulit yang lebih indah dibandingkan dengan lainnya.

Wortel

Tidak perlu lagi takut untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, saat Anda lupa mengoleskan krim anti UV. Bahkan jika harus duduk ber jam- jam di bawah sinar matahari.
Cara paling tepat menangkal efek buruk adalah kekebalan dari dalam tubuh. Wortel merupakan sayuran terbaik untuk melindungi sensitifitas kulit dari bahaya sinar UV.

Salmon 

Salmon Cara lain untuk tampil seksi adalah dengan memancarkan aura baik dari dalam. Salmon yang mengadung Omega 3 dapat membantu melawan stres dan menjadikan suasana hati lebih rileks.

Jagung

Jagung mengandung banyak nutrisi yang kaya vitamin B1. Di dalamnya terdapat karbohidrat dapat berubah menjadi energi dan vitamin B5 yang bermanfaat membantu fungsi fisologis tubuhdan berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme tubuh.
Tidak hanya itu, jagung pun mengandung folat yang baik untuk membantu tubuh menghasilkan sel-sel baru. Tidak hanya terdapat dalam jeruk, vitamin C pun ditemukan dalam jagung dan nutrisi inilah yang membuat jagung baik sebagai menu diet harian.

Salad

Ada sebagian orang menghindari makan salad karena kandungan lemak pada saus salad atau dressing. Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat membuat dressingaman dan sehat, yaitu dengan campuran minyak zaitun yang mengandung antioksidan dan lemak sehat.
Antioksidan juga dapat memicu nafsu makan pada sayuran atau buah salad yang Anda buat. Tambahkan pula yogurt, madu, perasan jeruk nipis atau susu rendah lemak. Ini tergantung selera masing-masing.

Hanya saja, berhati-hatilah bila ingin mencampurkan mayoness ke dalam salad, pastikan Anda dapat menghitung kadar kolesterol yang aman untuk tubuh Anda.





Salam 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar