Minggu, 19 Januari 2014

Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik

BAGI manusia, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan karena faktor kelelahan, tetapi juga menjadi kebiasaan dan juga pola hidup.
Menjaga pola tidur yang baik, dapat meningkatkan energi dan mampu menjaga kesehatan tubuh.
Ada-pun cara untuk mendapatkan kualitas tidur dengan baik ;


yuuukz ... Simakk :

Nilai dari tidur

Ini bukan soal waktu, atau berapa lama kita tidur? Ini persoalan tentang mempersiapkan tubuh baik secara fisiologis maupun psikologis untuk hari-hari ke depan agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tidur lebih awal

Tidurlah satu jam atau dua jam sebelum tengah malam. Ini waktu yang tepat untuk merelaksasi tubuh dengan tidur. Dibutuhkan kesadaran untuk mampu melakukan hal ini. Pasalnya, jika Anda memiliki kebiasaan tidur larut malam, tentu akan terasa sulit melakukannya. Butuh berbulan-bulan untuk dapat terbiasa.

Matikan alarm jam
Ini saatnya jangan menggunakan jam beker lagi, matikan semua alat elektronik. Nyalakan elektronik hanya untuk pengingat pekerjaan, atau jadwal makan malam dengan pasangan.

Buat jadwal

Tuliskan beberapa daftar yang akan dilakukan untuk hari berikutnya, untuk memudahkan Anda bangun pagi. Daripada harus pusing memikirkan sesuatu yang membuat Anda cemas, sebelum tidur.

Dapatkan sinar matahari di siang hari

Kurangnya sinar matahari di siang hari dapat menurunkan serotonin dan melatonin di malam hari. Melatonin yaitu, zat kimia di dalam otak terbuat dari serotonin yang membantu kita tertidur.

Matikan lampu saat tidur

Mematikan lampu saat tidur membantu seseorang untuk tidur terlelap. Selain lampu, matikan juga cahaya dari tablet, televisi dan juga laptop.

Sering Kesiangan?Ini Triknya Bisa Bangun Pagi!

GAYA hidup seseorang mencerminkan kepribadiannya, dari sana kita mampu melihat seberapa baik kualitas hidupnya.
Misalnya saja, kebanyakan orang sulit untuk melakukan bangun pagi. Namun, bagi orang yang memiliki pola hidup dan manajemen waktu yang baik, mereka tidak akan keberatan untuk bangun dini hari.
Ada beberapa tip agar Anda tidak perlu lagi minta dibangunkan oleh alaram jam setiap pagi.

Ganti pola makan

Kelaparan di tengah malam ternyata bisa mengganggu jam tidur Anda. Biasanya, orang akan mengambil camilan untuk mengurangi rasa lapar yang dirasa. Namun, bila Anda memiliki pola makan yang baik, yaitu dengan mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi seperti, ikan, telur, kacang-kacangan atau biji-bijian, buah, dan sayuran. Anda akan tidak akan merasa kelaparan di malam hari, dan membuat kadar gula darah stabil.

Banyak minum air mineral

Dehidrasi sering menyebabkan seseorang sakit kepala dan lesu. Hal ini tentu menggangu tidur malam, jika tiba-tiba kumat. Selain itu, kekurangan minum air akan merusak suasana hati, konsentrasi terganggu dan lebih sering sakit kepala dari biasanya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan juga tidur yang nyenyak disarankan minum air putih yang cukup. Pasalnya, menurut temuan, minum air mampu menyegarkan diri hanya dalam 20 menit.

Ambil napas perlahan dan dalam

Mengambil napas, perlahan dan dalam akan membantu kinerja diafragma. Salah satu kunci untuk merasa lebih bersemangat dalam belajar menyanyi adalah, mengatur diafragma pernapasan. Dengan bernapas yang baik, Anda akan memberi oksigen ke dalam otak dan juga jaring-jaring di dalam tubuh lainnya. Tidur dengan melatih pernapasan, akan membantu Anda lebih nyenyak dan segar di pagi hari.

Berjalan kaki

Untuk menghindari peningkatan kadar gula berlebih di dalam darah, Anda butuh banyak berjalan kaki. Dengan bangun pagi teratur setiap pagi, kemudian menyempatkan diri berjalan kaki, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Hindari kurang tidur

Kurang tidur membuat tubuh Anda lesu, dan tidak segar. Oleh sebab itu, jangan meminimalisir waktu tidur. Pasalnya, akan membuat tubuh kelelahan, dan mental yang kurang pula. Jika ingin tidur jangan paksakan untuk terjaga, dan ketika belum mengantuk di tengah malam, paksakan diri untuk tidur. Entah dengan cara membaca buku atau mendengarkan music yang mampu membuat mata lelah.


)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar