Selasa, 21 Januari 2014

Ingin tulang lebih kuat? Konsumsi 4 makanan ini

Selama ini susu dikenal sebagai makanan yang paling baik untuk kesehatan tulang. Susu memang mengandung banyak kalsium yang baik untuk pertumbuhan matriks tulang. Namun susu tidak terlalu banyak mengandung vitamin K yang juga penting untuk tulang yang sehat dan kuat.

Berikut adalah makanan yang mengandung kalsium dan juga vitamin K yang penting untuk kekuatan tulang  :

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung tinggi akan kalsium, magnesium, dan vitamin K.


Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Kacang-kacangan

Segenggam kacang-kacangan baik untuk kepadatan tulang Anda. Kacang-kacangan kaya akan zat besi dan vitamin K yang bermanfaat bagi kepadatan tulang.


Jamur

Bagi Anda yang vegetarian dan membutuhkan asupan vitamin untuk kepadatan tulang, Anda bisa mengonsumsi jamur yang kaya akan konsentrasi protein dan seng.




Cara mudah menjaga kesehatan tulang



Dibandingkan dengan pria, wanita lebih rentan terkena masalah yang berkaitan dengan kesehatan tulang seperti osteoporosis. Osteoporosis dapat mengakibatkan patah tulang dan nyeri sendi. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut, Anda terutama perempuan wajib menjaga kesehatan tulang.

Di bawah ini adalah 6 cara mudah menjaga kesehatan tulang 
:


Olahraga

Olahraga secara rutin setiap hari dengan durasi minimal 30-40 menit dapat mengurangi resiko osteoporosis. Anda dapat memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau latihan angkat beban.


Diet sehat

Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan kalsium dan protein akan meningkatkan kesehatan tulang Anda. Untuk mendapatkan kalsium yang memadai untuk kebutuhan tulang, buah dan sayuran dapat Anda tambahkan dalam menu diet Anda.

Berjemur

Selain diperoleh dari makanan yang sehat, kebutuhan vitamin D yang penting untuk kekuatan tulang dapat diperoleh dari sinar matahari. Sinar matahari yang terbaik untuk tubuh adalah di pagi hari dan sore hari


Kurangi kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi junk food wajib dikurangi demi kesehatan tulang Anda. Kebiasaan ini akan mengurangi kepadatan tulang Anda.


Mengontrol berat badan

Berat badan yang seimbang dapat dikontrol dengan selalu menerapkan pola makan yang sehat. Berat badan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang, oleh karena itu jagalah berat badan Anda agar tidak sampai obesitas.


Berkonsultasi dengan dokter
Berkonsultasi dengan dokter tulang dapat membantu Anda untuk melihat apakah Anda mempunyai riwayat keluarga yang terkena osteoporosis sebelumnya. Selain hal itu, dengan berkonsultasi Anda dapat meminimalisir efek osteoporosis yang akan Anda alami di hari tua.



Tulang mempunyai fungsi untuk menopang tubuh dan juga menempelnya beberapa organ penting di dalam tubuh manusia.
Kesehatan tulang sangat berarti untuk tubuh. Terapkan 6 langkah mudah di atas agar Anda terhindar dari penyakit tulang yang akan mengganggu kesehatan Anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar